JEEP WRANGLER TJ RUBICON ‘07 PIPE VERSION
JEEP WRANGLER TJ RUBICON ‘07 PIPE VERSION
Tanggal: 20 Dec 2006
Penulis: Rully Adam M
Juru Foto: Zulhafid Jusuf
SPEED JEEP
Kompetisi memacu jip di atas gundukan tanah (baca: Sprint Offroad) memang tak sekerap ajang menerabas hutan (baca : Adventure Offroad). Gelarannya dalam setahun mungkin bisa dihitung dengan jari. Namun begitu, antusiasme para partisipan di kelas ini patut diacungi jempol. Pasalnya, keseriusan mereka dalam rancang bangun tunggangannya terbilang tak main-main. Sebut saja TB Adhi. Anak muda berusia 27 tahun ini bisa dibilang bintangnya sprint offroad. Bukan hanya prestasinya saja yang menjulang beberapa tahun belakangan ini.
Namun kereta perang yang ditungganginya kerap memancing perhatian orang. Soalnya hasil racikan bengkel KS Nusa yang terletak di bilangan Jl. Pramuka, Jakarta Timur ini terbilang satu-satunya yang dibekali segala peranti hi-tech. Tak pelak, sejumlah medan dan lintasan yang dilahap Jeep berkelir biru ini rasanya mudah saja diterjang. Singkat kata, untuk memenangkan sebuah pertandingan, berarti tinggal bagaimana drivernya saja untuk mengendalikan sebaik-baiknya. Sebab bengkel yang dikomandani oleh Kemal Bachrie sudah melakukan racikan yang paling maksimal untuk mobil ini.
Kalau mau tahu, mungkin mobil yang dahulunya berbasis Jeep Wrangler TJ lansiran tahun 2002 ini sudah tak bersisa di sini. Sebab yang kami ulas di edisi ini, memang masih tetap tunggangan Adhi yang Di dunia balap Sprint Offroad tanah air. TJ bersasis pipa ini terbilang yang paling canggih
dulu, namun konsep bodinya sudah diganti dengan model TJ Rubicon yang akan diproduksi tahun 2007 mendatang.
Dan bila kita bercerita flashback, mobil ini dulunya juga kerap berganti warna, namun yang jelas lebih dominan kelir silver dan biru metalik yang melekat di bodinya. Saat itu, sang TJ juga sudah menggondol beraneka titel, contohnya di tahun 2003 lalu sempat menjadi juara nasional, tahun selanjutnya ranking 6 dan ranking 2 di tahun 2005. So, gosipnya Si Biru ini diracik kembali dengan alasan untuk melakukan aksi revenge kepada Rio Teguh yang telah merampas gelar juara TB Adhi setelah 2003.
“Si Biru ini diracik kembali dengan alasan untuk melakukan aksi revenge kepada Rio Teguh yang telah merampas gelar juara TB Adhi setelah 2003”
Nah, kalau ada pertanyaan, apa bekal Adhi untuk melancarkan aksi balas dendamnya? Jelas saja, ia harus lebih mengoptimalkan mobilnya dan tentu saja faktor-faktor lainnya seperti, teknik, skill dan luck bisa menjadi penentu sekunder, dan tentu saja co-drivernya– Donny Wardono juga berperan penting. Lalu secanggih apa TJ yang diraciknya kali ini? Mungkin kami tak perlu panjang lebar menjelaskan apa-apa saja yang diaplikasi.
Tinggal nalar Anda saja yang menilai semua. Sampai pada akhirnya Anda bisa mengatakan. Oooohhhhh..kalau sudah begini rasanya pantas saja kalau TB Adhi bisa juara.
SPESIFIKASI
MESIN
Engine Type: Power Tech HO (High Output V8 90o SOHC 16 Valve)
Bore X Stroke: 93.0mm X 89.5mm Displacement: 4864cc
Compression Ratio: 12.5 : 1 (Natural Aspirated Engine)
Firing Order: 1-8-4-3-6-5-7-2
Cooling System: Forced Circulation (Rear Radiator)
Piston: ARIAS Racing Forged Piston (Custom with
dome height: 14.5cc)
Camshaft: Crower Custom Cam, Intake: 296 degree
& Exhaust: 296 degree
Max. Power: 400HP at 5100RPM (Power on Engine) Engine Management System: HALTECH E11v2 Fuel and Ignition Control System Injection Mode: Full
Sequential
Fuel Injector Flow: 570cc/minute Low Impedance Injector
Ignition System: HALTECH E11v2 Wasted Spark Ignition, 8 Multi Coil, M&W PRO-14 CDI (4 Ignition Channel)
Fuel Tank Capacity: 40L
Water Capacity (Incl. Radiator): 25L
Cylinder Block Material: Cast Iron
Cylinder Head Material: Alumunium
Head Gasket: MLS (Multi Layer Steel)
Crankshaft: Crower Steel Billet Custom Racing
Connecting Rod: Crower Rod (Steel Billet)
Combustion Chamber: Fast Burn (64cc volume)
Clutch: Hays Single Dry Clutch, Sintered Iron Disc (Without Defl ection)
Pressure Plate: Hays 2850 lbs of Pressure Input/Output Activated by HALTECH E11v2
TRANSMISI
Type: AX15 (Jeep Cherokee/Wrangler Transmission)
Manual 5 Speed Close Ratio by Albins Gear
Transfer: DANA300
4WD System: Full Time 4WD
Final Gear Ratio: 5.29
SUSPENSI
Front: Rigid axle, dual link lower arm, A-Sharp system upper link with pillowball spherical bearing, Racerunner Coil Overshock 12” with bypass system, RaceRunner Spring,Toyota FJ60 with Gear
Ratio 5.29 : 1 Precision Gear. With RaceRunner 2.5”Bypass Shock with 12” Travel
Rear: Currie Enterprises 9” Third Member, Rigid Axle, A-System with pillowball, Racerunner Coil Overshock 10”, RaceRunner Spring, Gear Ratio
5.29 : 1 Detroit Locker (Semi Floating). With RaceRunner 2.5”Bypass Shock with 12” Travel
REM
Front: Disc Brake with double pistons ventilated
Rear: Willwood Disc Brake with double pistons ventilated
System: Adjuster Proportion Brake
KEMUDI
Re-circulating bar and with Howe steering pump, 1.25 : 1 gear ratio with 12.5% reducer
RANGKA DAN BODI
Wrangler Frame Chassis with seamless pipe schedule 80-40, on frame/chassis rollcage, 100% fi bre glass body
SAFETY BELT
Willans 4 points, 3”
JOK
SPARCO PRODRIVE -> Driver
RECARO -> Navigator
VELG
MRT 16” Beadlock, 8.5” Width and 4” Offset
BAN
FEDIMA EXTREME 265/70R/16
PIRELLI SCORPION A/T 31x10,5/15
SIMEX JUNGLE TRACKER 31x10.5/15
from:
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news&comp=ascomaxx&cat=5&id=99
Tanggal: 20 Dec 2006
Penulis: Rully Adam M
Juru Foto: Zulhafid Jusuf
SPEED JEEP
Kompetisi memacu jip di atas gundukan tanah (baca: Sprint Offroad) memang tak sekerap ajang menerabas hutan (baca : Adventure Offroad). Gelarannya dalam setahun mungkin bisa dihitung dengan jari. Namun begitu, antusiasme para partisipan di kelas ini patut diacungi jempol. Pasalnya, keseriusan mereka dalam rancang bangun tunggangannya terbilang tak main-main. Sebut saja TB Adhi. Anak muda berusia 27 tahun ini bisa dibilang bintangnya sprint offroad. Bukan hanya prestasinya saja yang menjulang beberapa tahun belakangan ini.
Namun kereta perang yang ditungganginya kerap memancing perhatian orang. Soalnya hasil racikan bengkel KS Nusa yang terletak di bilangan Jl. Pramuka, Jakarta Timur ini terbilang satu-satunya yang dibekali segala peranti hi-tech. Tak pelak, sejumlah medan dan lintasan yang dilahap Jeep berkelir biru ini rasanya mudah saja diterjang. Singkat kata, untuk memenangkan sebuah pertandingan, berarti tinggal bagaimana drivernya saja untuk mengendalikan sebaik-baiknya. Sebab bengkel yang dikomandani oleh Kemal Bachrie sudah melakukan racikan yang paling maksimal untuk mobil ini.
Kalau mau tahu, mungkin mobil yang dahulunya berbasis Jeep Wrangler TJ lansiran tahun 2002 ini sudah tak bersisa di sini. Sebab yang kami ulas di edisi ini, memang masih tetap tunggangan Adhi yang Di dunia balap Sprint Offroad tanah air. TJ bersasis pipa ini terbilang yang paling canggih
dulu, namun konsep bodinya sudah diganti dengan model TJ Rubicon yang akan diproduksi tahun 2007 mendatang.
Dan bila kita bercerita flashback, mobil ini dulunya juga kerap berganti warna, namun yang jelas lebih dominan kelir silver dan biru metalik yang melekat di bodinya. Saat itu, sang TJ juga sudah menggondol beraneka titel, contohnya di tahun 2003 lalu sempat menjadi juara nasional, tahun selanjutnya ranking 6 dan ranking 2 di tahun 2005. So, gosipnya Si Biru ini diracik kembali dengan alasan untuk melakukan aksi revenge kepada Rio Teguh yang telah merampas gelar juara TB Adhi setelah 2003.
“Si Biru ini diracik kembali dengan alasan untuk melakukan aksi revenge kepada Rio Teguh yang telah merampas gelar juara TB Adhi setelah 2003”
Nah, kalau ada pertanyaan, apa bekal Adhi untuk melancarkan aksi balas dendamnya? Jelas saja, ia harus lebih mengoptimalkan mobilnya dan tentu saja faktor-faktor lainnya seperti, teknik, skill dan luck bisa menjadi penentu sekunder, dan tentu saja co-drivernya– Donny Wardono juga berperan penting. Lalu secanggih apa TJ yang diraciknya kali ini? Mungkin kami tak perlu panjang lebar menjelaskan apa-apa saja yang diaplikasi.
Tinggal nalar Anda saja yang menilai semua. Sampai pada akhirnya Anda bisa mengatakan. Oooohhhhh..kalau sudah begini rasanya pantas saja kalau TB Adhi bisa juara.
SPESIFIKASI
MESIN
Engine Type: Power Tech HO (High Output V8 90o SOHC 16 Valve)
Bore X Stroke: 93.0mm X 89.5mm Displacement: 4864cc
Compression Ratio: 12.5 : 1 (Natural Aspirated Engine)
Firing Order: 1-8-4-3-6-5-7-2
Cooling System: Forced Circulation (Rear Radiator)
Piston: ARIAS Racing Forged Piston (Custom with
dome height: 14.5cc)
Camshaft: Crower Custom Cam, Intake: 296 degree
& Exhaust: 296 degree
Max. Power: 400HP at 5100RPM (Power on Engine) Engine Management System: HALTECH E11v2 Fuel and Ignition Control System Injection Mode: Full
Sequential
Fuel Injector Flow: 570cc/minute Low Impedance Injector
Ignition System: HALTECH E11v2 Wasted Spark Ignition, 8 Multi Coil, M&W PRO-14 CDI (4 Ignition Channel)
Fuel Tank Capacity: 40L
Water Capacity (Incl. Radiator): 25L
Cylinder Block Material: Cast Iron
Cylinder Head Material: Alumunium
Head Gasket: MLS (Multi Layer Steel)
Crankshaft: Crower Steel Billet Custom Racing
Connecting Rod: Crower Rod (Steel Billet)
Combustion Chamber: Fast Burn (64cc volume)
Clutch: Hays Single Dry Clutch, Sintered Iron Disc (Without Defl ection)
Pressure Plate: Hays 2850 lbs of Pressure Input/Output Activated by HALTECH E11v2
TRANSMISI
Type: AX15 (Jeep Cherokee/Wrangler Transmission)
Manual 5 Speed Close Ratio by Albins Gear
Transfer: DANA300
4WD System: Full Time 4WD
Final Gear Ratio: 5.29
SUSPENSI
Front: Rigid axle, dual link lower arm, A-Sharp system upper link with pillowball spherical bearing, Racerunner Coil Overshock 12” with bypass system, RaceRunner Spring,Toyota FJ60 with Gear
Ratio 5.29 : 1 Precision Gear. With RaceRunner 2.5”Bypass Shock with 12” Travel
Rear: Currie Enterprises 9” Third Member, Rigid Axle, A-System with pillowball, Racerunner Coil Overshock 10”, RaceRunner Spring, Gear Ratio
5.29 : 1 Detroit Locker (Semi Floating). With RaceRunner 2.5”Bypass Shock with 12” Travel
REM
Front: Disc Brake with double pistons ventilated
Rear: Willwood Disc Brake with double pistons ventilated
System: Adjuster Proportion Brake
KEMUDI
Re-circulating bar and with Howe steering pump, 1.25 : 1 gear ratio with 12.5% reducer
RANGKA DAN BODI
Wrangler Frame Chassis with seamless pipe schedule 80-40, on frame/chassis rollcage, 100% fi bre glass body
SAFETY BELT
Willans 4 points, 3”
JOK
SPARCO PRODRIVE -> Driver
RECARO -> Navigator
VELG
MRT 16” Beadlock, 8.5” Width and 4” Offset
BAN
FEDIMA EXTREME 265/70R/16
PIRELLI SCORPION A/T 31x10,5/15
SIMEX JUNGLE TRACKER 31x10.5/15
from:
http://www.asco.co.id/main.php?mod=news&comp=ascomaxx&cat=5&id=99
Comments
Post a Comment